Kesehatan, Tips & Sharing

Merawat kulit wajah agar tampil cantik dan bercahaya

Kecantikan bagai sebuah anugerah yang wajib kita rawat. Terutama kulit wajah yang merupakan bagian yang sensitif terhadap perubahan suhu dan mudah kotor karena debu. Merawat kulit dengan benar secara rutin membutuhkan ketelitian dan cara hidup sehat yang benar. Cantik itu pasti sehat dan terjaga dengan baik, terutama menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Berikut ini beberapa hal penting yang wajib anda perhatikan untuk merawat kulit wajah agar tampil cantik dan bercahaya sepanjang waktu.

1. Membersihkan Kulit

Meski terkesan sederhana, namun perawatan kulit dari luar harus dilakukan secara rutin. Perawatan cukup simpel yaitu dengan mandi sehari dua kali menggunakan sabun yang mengandung pelembab. Namun tak cukup mandi, sebaiknya Anda juga rutin membersihkan wajah tiga kali sehari yang dilakukan pagi hari saat mandi dan sebelum beraktivitas., sore hari saat pulang beraktivitas karena pada saat itu wajah sangat kotor, serta malam hari sebelim tidur.

Pembersihan kulit penting dilakukan secara rutin karena dengan membersihkan kulit maka sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah ataupun seluruh tubuh akan terbuang sehingga kulit cerah. Sementara jika malas membersihkan kulit, maka sel-sel kulit mati manumpuk sehingga kulit terlihat kusam. Meski membersihkan wajah itu penting, namun menurut dr. Euis tidak dianjurkan terlalu sering mencuci wajah karena itu akan justru merusak kulit.

Untuk membersihkan kulit, terutama untuk kulit wajah, sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Jika jenis kulit normal dan berminyak, bisa menggunakan facial wash. Sementara untuk kulit sensitive sebaiknya menggunakan facial wash yang lembut, atau menggunakan  cleanser (susu pembersih) ataupun lotion pembersih untuk mengangkat semua kotoran di wajah. Jika Anda memilih pembersih wajah cleanser maka sebaiknya tetap dibilas kembali dengan air dan facial wash agar sisa-sisa cleanser yang ada di wajah tidak menumpuk, yang justru akan membuat kulit wajah berminyak dan mrnutup pori-pori sehingga wajah berkomedo.

Baca Juga :  Amazing Seo Tips Untuk Blogger

2. Menggunakan Pelembab

Penggunaan pelembab menjadi hal yang wajib agar kulit terlihat cerah. Pasalnya, pelembab akan membuat kulit terlihat lebih sehat yaitu lembab, halus dan lembut. Kulit yang demikian membuat pertahanan kulit menjadi baik sehingga fungsi proteksi kulit akan lebih baik serta kulit tidak bermasalah seperti alergi, iritasi, dan infeksi. Dengan demikian maka kulit terlihat labih cerah.

Pelembab sebaiknya digunakan sehabis mandi ataupun mencuci wajah sehingga fungsi pelembab lebih dirasakan. Sesudah kulit dikeringkan dengan handuk lembut, pelembab dioleskan ke kulit seluruh tubuh, termasuk kulit wajah. Sebaiknya pelembab untuk wajah dan seluruh tubuh dibedakan, karena terkadang jenis kulit pada wajah dan tubuh berbeda. Ada orang yang jenis kulit wajahnya berminyak, tetapi kulit seluruh tubuh kering. Jika jenis kulit wajah berjerawat ataupun berminyak, sebaiknya tidak menggunakan pelembab yang terallu creamy karena justru akan memicu timbulnya jerawat lagi.

Tidak ada ketentuan harus seberapa serng menggunakan pelembab, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kulit terlihat sangat sering maka bisa dioleskan pelembab lebih sering. Selain pagi hari sesudah mandi, pelembab umumnya digunakan pada malam hari sebelum tidur.

Ditambahkan oleh dr. Ratna Komala Dewi, SpKK, M.Kes, dokter spesialis kulit dan kelamin, pelembab untuk tubuh (body lotion) sebaiknya dibedakan untuk pagi dan malam hari, yang fungsinya untuk mencerahkan kulit. Pelembab yang digunakan pagi hari umumnya ditambahkan SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung dan zat sifatnya bisa mencerahkan kulit. Untuk pelembab malam hari, ditambahkan bahan aktif yang tidak bisa digunakan pada siang hari.

3. Menggunakan Tabir Surya

Perawatan kulit sehari-hari yang sebaiknya tidak diabaikan adalah penggunaan tabir surya (sunscreen/sunblock). Tabir surya digunakan untuk perlindungan kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika kulit terkena sinar ultraviolet dari sinar matahari maka akan merangsang pembentukan melanin sehingga kulit akan terlihat lebih gelap. Karena itu jika berada di bawah terik sinar matahari sebaiknya menggunakan tabir surya, busana tertutup, topi ataupun payung.

Baca Juga :  Kekurangan dari Web Hosting Murah

Untuk melindungi kulit  dari paparan sinar matahari secara langsung sebaiknya Anda menggunakan tabir surya SPF 30 ke atas agar hasilnya efektif dan tahan lama. SPF (sun protection factor) terkait dengan waktu atau lama tidaknya harus mengulang pemakaian tabir surya, serta bagaimana sinar ultraviolet tersebut membuat kulit memerah. Semakin tinggi SPF maka perlindungannya akan semakin lama dan semakin jarang penggunaan tabir surya harus diulang. Tetapi sebaiknya tabir surya rutin diulang setiap 1-2 jam sekali.

4. Menggunakan Scrub

Ditambahkan dr. Ratna, setiap dua minggu sekali sebaiknya melakuan scrubbing. Scrubbing berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, sekaligus membuka pori-pori agar kulit bisa bernafas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan, seperti lotion, pelembab, body butter atau lainnya. Scrub juga dapat memperbaiki sirkulasi darah dan memperbarui sel-sel kulit, sehingga dengan stimulasi sel kulit wajah akan terlihat lebih segar, serta efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus.

Saat melakukan scrubbing, pastikan tidak ada luka yang terbuka atau terdapat luka baru, tidak ada luka bakar, dan tidak terdapat penyakit kulit, seperti eksim. Scrub yang digunakan juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit dan bedakan antara scrub wajah dengan scrub tubuh. Scrub wajah lebih lembut dibandingkan scrub tubuh, karena kulit wajah lebih halus dan peka dibandingkan kulit di tubuh. Selain rutin scrubbing, sebaiknya juga minum suplemen vitamin C dosis tinggi atau suplemen antioksidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *